Pertanyaan dasar tentang ikan cupang

Hobi memelihara ikan cupang sudah menjadi hobi yang cukup populer di kalangan masyarakat indonesia. Banyak kalangan yang menjadi penikmat ikan cupang, mulai dari anak-anak kecil sampai kakek-nenek pun suka ikan cupang. Cupang merupakan ikan hias yang sangat familiar dengan anak indonesia. Jika seorang anak belum pernah memelihara ikan cupang akan dianggap masa kecilnya kurang lengkap. Warna serta bentuk ekor yang indah menjadi alasan untuk memelihara ikan cupang. Selain keindahan fisiknya ikan cupang juga dikenal dengan agresivitasnya.

Faktor fisik yang indah membuat kita menyukai ikan ini. Cupang memang sejak lama dikenal sebagai kelangenan pelepas stress. Saya sendiri merasakan bahwa cupang menjadi obat kelelahan saya dari setiap aktivitas. Sepulang beraktivitas langsung menyambangi aquarium berukuran 15x15 cm. Sekat-sekat antar aquarium terbuka, ikan langsung ngedok sambil menunjukkan warna dan siripnya yang luar biasa. Ikan cupang juga dikenal bandel dan tahan terhadap perlakuan yang minim. Hal ini lantaran di alam cupang hidup pada lingkungan dengan kondisi terbatas.

Namun dibalik itu seringkali para hobiis khususnya para pemula sering menemukan masalah dan mengajukan beberapa pertanyaan dasar seputar ikan cupang. Pertanyaan ini saya ambil dari forum diskusi yang saya buat di facebook, grup “ikan cupang”. Melalui grup tersebut saya mencoba mengakomodir keinginan para cupang mania untuk bertukar pikiran dan memperoleh info tentang memelihara cupang. Pertanyaan dasar tersebut antara lain :

1.Bagaimana membedakan jenis kelamin cupang antara cupang jantan dengan cupang betina?

Membedakan jenis kelamin bagi pemain cupang yang sudah cukup lama adalah hal yang sangat mudah. Bahkan dapat melihat jenis kelamin ketika ikan cupang masih berukuran kecil. Hal ini lantaran pengalaman mereka yang sudah cukup banyak dalam memelihara ikan cupang. Namun bagi pemula sering menjadi permasalahan dasar ketika mereka memutuskan untuk mulai memelihara ikan cupang. Sebenarnya membedakan ikan jantan dan betina sangatlah mudah. Penulis mencoba memberikan pandangan dasar bahwa cupang jantan memiliki bentuk badan, sirip, serta warna yang lebih indah dari cupang betina. Tingkat agresifitas juga lebih tinggi cupang jantan dari pada cupang betina.


2.Apa makanan yang cocok untuk ikan cupang?

Cupang merupakan hewan pemakan daging alias karnivora. Di alam liar ikan cupang memakan hewan kecil seperti jentik nyamuk maupun kutu air. Kebutuhan pakan ikan cupang dipengaruhi oleh sifat karnivoranya. Ikan cupang membutuhkan lebih banyak protein untuk menunjang aktivitasnya. Pakan yang sering diberikan oleh para peternak maupun hobiis adalah jentik nyamuk, kutu air, infusoria, artemia, vinegar eel, micro worm, cacing sutera, atau cacing darah. Kesemua pakan tersebut dapat diperoleh dengan mudah. Kita dapat membelinya di pedagang ikan hias. Atau jika kita menginginkan dalam jumlah banyak kita dapat melakukan pengkulturan. Selain pakan di atas beberapa peternak di luar negeri menggunakan lalat buah sebagai makanan cupang dewasa.

Pemberian pakan juga harus disesuaikan dengan ukran dan usia cupang. Cupang yang baru lahir (burayak) dapat diberikan makanan baby brine shrimp alias bayi artemia. Ukuran mulutnya yang masih sangt kecil tidak memungkinkan untuk memakan jentik nyamuk. Setelah agak besar dapat diberi pakan cacing sutera sebagai pakan utama. Ketika cupang sudah cukup besar atu ukuran S dapat diberi pakan yang lain seperti jentik atau lalat buah. Belakangan ini juga banyak diproduksi pelet ikan khusus. Pelet khusus cupang ini berukuran kecil dan banyak dijumpai di petshop atau pedagang ikan hias di kota anda. Jika dilihat dari komposisinya pelet merupakan terbaik karena mengandung semua gizi yang dibutuhkan.


3.Jenis ikan cupang yang ada saat ini apa saja?

Ikan cupang memiliki varian yang sangat banyak di pasaran. Pada dasarnya akan selalu muncul jenis/strain baru tiap tahunnya. Namun secara garis besar jenis ikan cupang ada tiga yakni:

a.Cupang alam
Mendengar kata cupang alam akan mengingatkan kita pada cupang generasi awal.secara fisik tubuhnya kurang berwarna. Hanya saja bagi para maniak cupang menjadi daya tarik tersendiri.
b.Cupang adu
Jenis cupang yang satu ini memang dikhususkan untuk diadu. Sifat dasar cupang adalah hewan yang agresif. Ketika meliht lawannya akan segera berubah warna dan mengembangkan insangnya untuk menggertak lawan. Ikan cupang juga mampu melukai lawan dengan giginya yang tajam.
c.Cupang hias
Ikan cupang hias saat ini menjadi primadona. Banyak ajang kontes yang diadakan untuk mempertandingkan keindahan fisik ikan ini. Secara fisik ikan ini memang memiliki keindahan pada fisiknya. Warna yang muncul kini lebih semarak jika dibandingkan dengan ikan cupang pada jaman dahulu.

4.Bagaimana memelihara ikan cupang dengan baik?

Pemeliharaan ikan cupang sebagai kelangenan bukan hal yang sulit. Ikan ini dikenal sebagai ikan yang bandel dan tahan terhadap kualitas air yang buruk. Namun hal tersebut janagan dijadikan alasan bagi anda untuk tidak memanjakan ikan anda. Padsa dasarnya setiap mahluk hidup membutuhkan cinta dan kasih sayang. Begitupun dengan cupang, ikan ini membutuhkan perhatian ekstra agar keindahannya tetap terjaga. Memang ikan masih dapat hidup dengan perlakuan yang minim. Namun keindahannya akan berkurang ketika perawatannya kura. Eko yang menguncup atau sobek serta badan yang kurus membuat ikan jadi tidak menarik.

Perhatian utama dalam merawat cupang adalah kualitas air dan pakan. Air sebagai sarana hidupnya harus memenuhi standar kelayakan. Air yang baik adalah air yang jernih dan tidak berbau. Air harus berada pada pH kisaran 6,5-7 derajat. Sebelum melakukan penggantian air, air baru harus dipastikan bebas dari klorin dan zat bahaya lainnya. Lakukan airai terhadap air baru tersebut dengan menggunakan airpump/blower selama satu malam. Setelah itu air dapat diberikan. Penggantian air dilakukan minimal dua kali dalam satu minggu. Penggantian air tidak dilakukan seluruhnya melainkan hnya setengah isi aquarium. Air pengganti diusahakan sama dengan air yang telah dikuras.

5.Bagaimana cara beternak cupang?

Beternak cupang merupakan cara yang menyenangkan untuk menghasilkan cupang unggulan. Langkah beternak cupang dapat anda lihat di sini.

16 komentar:

  1. jika bertelur,ikan cupang itu sekali bertelur atau pulak balik bertelur, dan biasanya bertelur mengeluarkan telur berapa buah,dan sampai berapa hari atau jam waktu betina mengeluarkan telurnya ??? (mohon bantuannya ya kag )

    BalasHapus
  2. infonya ckp membantu,thanks
    and
    jangan lupa mampir juga di blogku juga ya, disitu ada banyak info tentang cupang lhoo. .nih linknya

    http://cupangpontianak.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. nice info gan, jadi menambah wawasan ane.. ditunggu kunjungan nya y http://anakkail.blogspot.com

    BalasHapus
  4. boleh juga informasinya !!

    kunjungi blog cupang hias ane jg ya brooo

    betta138.blogspot.com

    BalasHapus
  5. mantap artikel nya.. salam cupang..

    http://indobettafish.com

    BalasHapus
  6. kak ikan ku sdh tak jodh kan dlm 3 minggu tpi kok gk kluar busa2

    BalasHapus
  7. Ikan jantan saya sudah siap kawin pas disatuin ma betinanya knp galak bgt tadinya si betina sudah mau kawin.. malah di bikin babak belur ma si jantan.. itu knp ya gan?? Bagi pengalamanya donk.. txs

    BalasHapus
  8. Ikan jantan saya sudah siap kawin pas disatuin ma betinanya knp galak bgt tadinya si betina sudah mau kawin.. malah di bikin babak belur ma si jantan.. itu knp ya gan?? Bagi pengalamanya donk.. txs

    BalasHapus
  9. Ikan cupang saya dalam proses kawin tp kenapa malah yg jantan jd rusak? Tolong dong infonya...thanks

    BalasHapus
  10. Ikan cupang saya dalam proses kawin tp kenapa malah yg jantan jd rusak? Tolong dong infonya...thanks

    BalasHapus
  11. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    BalasHapus
  12. Kenapa ikan cupang betina saya sudah 5 bulan tapi kok blom berisi telur di perutnya??

    BalasHapus
  13. Sangat bermanfaat, selengkapnya tentang budidaya ikan cupang ada disini : bisnis ikan cupang

    Informasi selengkapnya tentang ikan cupang ada di sini : cupang sehat

    BalasHapus
  14. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.

    Tim dengan skill yang profesional sehingga hasil kerja efektif dan efesien.
    Tenda jenis ini sering digunakan untuk kegiatan dengan skala yang besar, karena mampu mangakomodasi kebutuhan dan kenyamanan didalamnya. Tenda ini juga memiliki ketahan dan kekuatan yang sama dengan bangunan permanen.


    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih
    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih provasi.
    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan
    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

    Spesifikasi Dan Keunggulan Tenda Roder
    Beberapa keunggulan nya yaitu :

    - Fleksibel
    Fleksibel dalam desain dan mudah modifikasi struktur sesuai dengan kebutuhan anda.
    - Low Maintance
    Biaya perawatan yang kecil karena menggunakan rangka alumunium yang tahan terhadap karat.
    - Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)


    Spesifikasi Tenda Roder

    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk dinding dan atap nya
    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.

    2. Memiliki Ukuran yang besar

    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaotu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

    3. Cocok digunakan untuk segala jenis acara



    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Untuk pemesanan dan konsultasi lebih lanjut anda bisa hubungi kami di : Telp/WA 081112520824 ATAU 081807000899 RAHMA

    .

    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.

    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00


    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/



    https://tendagudangbogor.blogspot.com/



    https://id.pinterest.com/tangerang0290/

    https://twitter.com/TangerangRoder

    https://www.instagram.com/tendarodertangerang1/

    https://sites.google.com/d/13ngcAypBp3gn-PdcA7XaRjpYZH8Cu3kM/p/1THW6hgDfmbFrFrMj9qbjdbOh4Fg7_1Sq/



    jual tenda roder transparan | jual tenda roder surabaya | jual beli tenda roder | harga sewa tenda roder jakarta | harga tenda roder per meter | harga sewa tenda roder per meter | harga tenda roder transparan | harga sewa tenda roder transparan | harga sewa tenda roder tangerang selatan | sewa tenda roder surabaya | sewa tenda roder bandung | sewa tenda roder transparan | sewa tenda roder medan | sewa tenda roder semarang | sewa tenda roder tangerang | sewa tenda roder jogja | sewa tenda roder bogor | sewa tenda roder jakarta | sewa tenda roder bekasi | sewa tenda roder banjarmasin | sewa tenda roder balikpapan | harga sewa tenda roder bekasi | sewa tenda roder di bali | sewa tenda roder indonesia com | sewa tenda roder di semarang | harga sewa tenda roder | harga sewa tenda roder transparan | harga sewa tenda roder surabaya | harga sewa tenda roder tangerang selatan | harga sewa tenda roder jakarta | jasa sewa tenda roder | sewa tenda roder karawang | sewa tenda roder murah | sewa tenda roder pekanbaru | harga sewa tenda roder per meter | sewa tenda roder untuk pernikahan | sewa tenda roder vip

    BalasHapus